18 Agu 2013

Tafsir surat Qalam


1 1.      (nun)adalah salah satu dari huruf hijahiyah ,hanya Allah yang mengetahui arti dan maksd nya(demi qalam)yang di pakai untuk menulis nasib semua makhluk di lohmahfuz(dan apa yang mereka tulis)apa yang di tulis oleh para malaikat berupa kebaikan dan kesalehan.
2  2.    (kamu sekali-kali bukanlah)hai Muhammad(orang gila,berkat nikmat Rabbmu)yang telah mengaruniakan kenabian kepadamu,dan juga nikmat-nikmat –Nya yang lain.Ayat ini merupakan perkataan orang-orang kafir,yang mengatakan bahwa Muhammad adalahorang gila.
3  3.    (dan sesungguhnya bagi kamubenar-benar pahala yang besar yang tidak putus-putusnya)tiada pernah terputus.
4   4.    (dan sesungguhnya kamu benar-benar berbuda pekerti)beragama(yang agung).
5   5.     (maka kelak kamu akan melihatdan merekapun akan melihat).    6.    (siapakah diantara kalian yang gila)yang tidak waras akal nya,kamukah atau mereka.lafal al-maftuun ini wazannya sama dengan lafalal-ma’quul,berasal dari masdaral-futuun,artinya gila.
7  7.     (sesungguhnya Rabbmu ,Dialah yang paling mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang paling mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk)lafal al-a’lamu bermakna ‘aalimun,yakni dia mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan dialah yang Maha mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.
8  8.    (maka janganlah kamu ikuti orang-orang yangmendustakan ayat-ayat Allah.)
9  9.    (mereka menginginkan)mengharapkan(supaya) merupakan mashdariyah(kamu bersikap lunak)bersikap lembut terhadap mereka(lalu mereka bersikap lunak)pula terhadapmu;diathofkan kepada lafal tudhinu.seandainya dijadikan sebagai jawab dari tamnni yang tersimpulkan dari lafal wadduu,maka sebelum huruf fa diperkirakan ada lafal hum.yakni,seandainya kamu bersikap lunak terhadap mereka ,maka  merekapun akan bersikap lunak terhadapmu.
10.(dan janaganlah kamu ikuti orang yang banyak bersumpah)dengabn cara yang batil(lagi  hina) yakni rendah.
11.(yang banyak mencela)atau sering mengumpat(yang kian kemari menghambur fitnah) yakni berjalan kesana kemari diantaraorang-orang denagan maksud merusak mereka,yakni menghasut mereka.
12.(yang banyak menghalangi perbuatan baik)artinya sangat kikir tidak mau membelanjakan hartanya  kepada hak-hak yang diwajibkan atas dirinya(yang melampui batas)sangat aniaya(lagi banyak dosa) banyak melakukan perbuatan dosa.
     13.(yang kaku kasar) wataknya kaku lagi kasar (selain dari itu ,yang terkenal kejhatannya) dia adalah seorang yang dianggap sebagai orang quraisy ,padahal mereka bukan kalangan dari mereka ,yaitu walid bin-mughieoh.ayahnya menjulukinya sebagai orang quraisy setelah ia berumurdelapan belas tahun .Ibnu abbas  r.a mengtakan ,bahwa kami belum pernah mengetahui , bahwa Allah swt.menyifati seseorang dengan sifat-sifat yangtercela sebagaimana yang telah dilakukan-Nya terhadap walid,sehingga keaiban itu tetap menempek pada diri walid untuk selama-lamanya.danberta’alluq pada lafal zaniim ,zharaf yang terdapat pada sebelumnya.
   14.(karna dia punya banyak harta dan anak)bentuk asalnya adalah lian ,dan berta’alluq kepada makna yang menunjukkan terhadap pengertian.
   15.(apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat kami)yakni al-qur’an (ia berkata)bahwa al-qur’an itu(dongeng-dongeng orang-orang dahulu kala .”) yaitu hanya kedustaan yang sengaja dibuat-buat guna menyenangkan hati kami sewaktu ia disebutkan atau diceritakan.menurut suatu qiro’at ada lafal a-an dengan memakai dua huruf hamzah yang kedua-duanya difathakan.












0 komentar:

Posting Komentar